Skip to content
Juli 1, 2010 / radiokeilovefm

Biografi The Bee Gees

Band yang satu ini merupakan band tahun 60an yang karya-karya nya masih sering terdengar ditelinga kita. Salah satu karyanya yang akrab ditelinga adalah lagu yang berjudul “How Deep Is Your Love”. Musiknya lembut terdengar enak ditelinga, berikut ini adalah biografi perjalanan band Bee Gees.

Tiga bersaudara Gibb sangat akrab sebagai anak-anak dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka bersama-sama. Pada tahun 1958, keluarganya pindah ke Australia, ketika disana, mereka sering tampil di radio dengan dua temannya, Bill Goode dan Bill Gates.
Group ini memiliki nama baru untuk diri mereka sendiri, The BGS – terdiri dari inisial Common Barry Gibb, Bill Goode, Bill Gates. Beberapa tahun kemudian berubah nama menjadi The Bee Gees yang berarti Brothers Gibb. Kemudian Bee Gees memutuskan pindah ke Inggris untuk mencoba keberuntungan mereka di sana.
Dengan Robert Stigwood sebagai manajer, Bee Gees telah memukau dunia internasional dengan single pertama mereka pada tahun 1967 ‘New York Mining Disaster’.
Dengan dua anggota band baru, Colin Peterson (drum) dan Vince Melouney (gitar), Bee Gees mengeluarkan album pertama ‘Bee Gees 1’ dan album tersebut sangat laku. Dalam lebih dari setahun lagu-lagu Bee Gees menjadi hits di 15 negara.
Pada 1969, Bee Gees mulai menunjukkan tanda keretakan, ketika dalam group mulai muncul ketegangan dan perbedaan pendapat atar anggota. Colin Peterson meninggalkan band dan menggugat group untuk tidak menggunakan nama Bee Gees.
Selang beberapa waktu mereka pecah, tapi bersatu kembali pada tahun 1971 untuk merekam album ‘Dua Tahun Aktif’. Dan pada waktu itu diterima dengan dengan baik oleh para penggemar, mereka memiliki serangkaian permasalahan antara 1972 dan 1975. Namun, mereka tetap bersama sebagai sebuah band dan tidak terpecah lagi.
Pada tahun 1975, dengan bantuan produser Arif Mardin, Bee Gees pindah dari band balada menjadi band yang dipengaruhi gaya R & B dan dirilis Album ‘Main Course’.
Mereka kemudian mengeluarkan single ‘Jive Talkin’ yang menjadi nomer 1 di tanggal lagu. Album mereka ‘Anak-anak dari World’ memperoleh platinum, dengan tiga hit single, dan ketika tur dengan album ini, semua hasil keuntungan dari album terebut di sumbangkan ke badan amal anak-anak.
Proyek berikutnya The Bee Gees adalah menggarap soundtrack ‘Saturday Night Fever’, merupakan salah satu album yang mengalami sukses besar yang berisikan lagu-lagu terbaik mereka, yaitu ‘stayin’ Alive ‘,’ How Deep Is Your Love ‘dan’ Night Fever ‘. Album ini menjadikan nomor 1 di tanggal lagu dunia, dan membuat rekor menjadi nomor 1 selama 24 minggu berturut-turut.
Pada akhir dekade, Bee Gees memiliki lima album yang semua mendapatkan platinum.
Pada tahun 1988, tragedi menimpa keluarga, Andy Gibb saudara bungsu mereka, meninggal, diikuti oleh ayah mereka.
The Bee Gees terus merilis single yang diterima dengan baik, pada 1997, menerima Lifetime Achievement Award di American Music Awards, sebuah Legenda Award di World Music Awards dan diangkat ke dalam Rock & Roll Hall of Fame.
Sayangnya, pada tahun 2003 Maurice Gibb meninggal pada usia 53, setelah komplikasi selama operasi. Awalnya, saudara-saudara yang masih hidup mengumumkan bahwa mereka bermaksud untuk meneruskan nama “Bee Gees” dalam memori. Tapi seiring berjalannya waktu, mereka memutuskan untuk pensiun.Pada minggu yang sama Maurice meninggal, kemudian album solo Robin Magnet dirilis.
Walaupun ada pembicaraan tentang sebuah tugu peringatan yang menampilkan konser, namun tidak terwujud. Sejak saat itu Barry dan Robin terus bekerja secara independen dan keduanya merilis rekaman dengan artis lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: